Cara Mengatasi Masalah Pembayaran Google Adsense

Kali ini saya akan membahas Mengatasi Maslah Pembayaran Google Adsense yang tampaknya banyak teman-teman publisher mengalaminya, terutama yang masih newbie. Hal ini memang wajar terjadi, jika kita tidak mengetahuinya. Gak perlu panik, jika saat hendak mengambil pembayaran dari Google terjadi masalah.

Saya dulu juga begitu mengalami masalah ketika pertama kali menerima pembayaran Google Adsense saya dikirimkan. MTCN kode Western Union sudah keluar tapi ketika mau ngambil malah terkendala di jasa Western Unionnya. Layanan Western Union biasanya ada di Indomaret, Kantor Pos, atau Bank tertentu. Tidak semua bank dan Indomaret ada Western Unionnya.

BEGINI KRONOLOGINYA....
Pertama, saya mau ngambil di Indomaret karena saat cari refrensi di Google banyak yang menyarankan ngambil di Indomaret. Termasuk teman saya yang suda pernah Payment Issued. Selain itu karena di Indomaret katanya tanpa dikenakan biaya sepeserpun, termasuk biaya materai.

Waktu itu saya pagi-pagi ngambilnya ke Indomaret, ternyata kata kasirnya duitnya gak ada karena baru buka. Ya elah, saya disarankan cari Indomaret lain yang buka 24 jam. Oke saya coba ke Indomaret lain ternyata bisa.

Kemudian saya berikan KTP, sama MTCN yang dikirim dari Google. MTCN di cek bisa dan sudah tertera atas nama saya sesuai di KTP. Eeeh ternyata kasirnya bingung caranya gimana soalnya uangnya dalam bentuk dollar. :v

Saya disarankan ngambil di Kantor Pos saja. Okelah, padahal pengennya ngambil di Indomaret karena gak ada biayanya. Selain itu saya juga males ke Pos soalnya tellernya sinis semua... huuufth yaudah terpaksa deh ke Pos. muter-muter jadinya..

Setelah di Pos saya disuruh ngisi form pengambilan uang via Western Uninon lalu saya berikan ke adminnya. Ketika di cek katanya MTCN nya salah, atau gak bisa. Wadaaaw saya langsung kaget, cemas, lemesss...
Saya cek lagi di akun GA nya ternyata sama, gak ada kesalahan. Hadeehhh ada apa ini..???

Dari pihak POS saya disarankan coba ngambil di Bank Danamon. Hadeeh saya jadi kayak bola dioper kesana kemari... Ya demi $$$ ya berjuang teruusss...

AKHIRNYA..... di bank danamon saya di layani sama teller seksi. Senengnya lagi MTCN kebaca, dan dolllarnya bisa di ambil. Huaahsss Udah deh dilama-lamain disana. Ngobrol panjang lebar sama si teller sambil ngambil dollarnya... *seneng

TERUS ada lagi nih masalah yang dialami teman di facebook.

TERUS BEGINI CERITANYA :
Sebut saja teman saya itu BEJO yah ( nama disamarkan ). Nah waktu itu BEJO sudah lama main GA dan sebenarnya sudah dapat $100 bahkan lebih. Kalo gak salah waktu itu BEJO cerita ke saya sudah dapat $5xx, xx atau sekitar 5jutaan lah. Itu numpuk pembayaran 2 bulan yang belum diambul. Status di payment GA nya sudah dikirimkan dan MTCN sudah keluar.

BEJO ini gak ngerti atau mungkin masih NUBI. Dia bertanya "pembayaran GA saya kog gak datang-datang yah, padahal kata Google sudah dikirim. Sudah dapat $500an nih. Pembayaran untuk dua bulan. Kenapa yah gan...

BEJO bingung, galau, puyeng deh. Pertama saya tanya begini :

Saya : JO... mungkin kamu belum nerima PIN yah, belum konvirmasi kode PIN dari Google. 

BEJO : Sudah gan, saya sudah nerima surat dari Google yang isinya PIN itu. Terus sudah saya verifikasin juga.

Saya : Apa mungkin ada penangguhan pembayaran yah jo..? Coba lihat distatus paymentnya gitu..

BEJO : *diliat oleh bejo, terus dia jawab* Gak ada gan, laporannya pmebayaran sudah dikirimkan.

Saya : *bingung* Oh kamu pilih metode pembayaran via Western Union apa Cek jo..?

BEJO : Oh saya pilih yang WU gan. terus saya sudah submit juga kog informasi Pajaknya.

Saya : Waduuh.. ini kenapa yah. aneh. Kalo ane lancar aja jo, MTCN dikirim langsung ane ambil tuh dollar.

BEJO : Iya nih, gak tau kenapa. Saya juga bingung kog gak dikirim-kirim ke rumah saya yah gan. Padahal alamatnya sudah benar kog, pakpos juga tau...

Saya : *kaget* loh pembayarannya gak dikirim kerumah ente JO, tapi harus diambil di jasa WU nya, biasanya di Indomaret atau Kantor Pos. 

BEJO : Ooooohh gitu ya gan. Pantes saya tunggu gak datang-datang kayak bang toyib aja.

Saya : #$%$@^&&*(_0+%

BEJO : Okeh gan, saya coba nanti ke Indomaret atau Kantor POS makasih yah. Berapa nomernya gan, kalo cair ntar saya kirimi pulsa 50rb.

Saya : Ahhh gak perlu JO,, makasih. tambahin juga gapapa.. wkwkw

Akhirnya keesokan harinya BEJO pun berangkat untuk melanjutkan perjalanannya ke barat untuk mengambil dollar di Indomaret, yang selama dua bulan dikirimkan oleh Google tetapi belum diambil.

KEESOKAN HARINYA...

BEJO : gan, nomernya berapa, mau saya kirim nih pulsanya.  Sekalian saya mau beramal nih..

Saya : oke gan, 88xxxxxxx. *kasih nomer modem. Nomer modem aja ya JO, kuota mau habis nih. Makasih yah.. sudah bisa diambil ya JO dollarnya.

BEJO : iya gan, tapi cuma untuk pembayaran yang terbaru. Untuk pembayaran yang bulan sebelumnya MTCN sudah hangus kata kasirnya. Saya ngambil di Indomaret. Mungkin belum rizkinya kali ya gan... 

Saya : Waadaawww, mungkin kelamaan yah JO jadi hangus... tenang aja jo, jangan menyerah dulu, saya bantu.

ya walaupun dikasih pulsa tapi dari awal emang saya iklhas ingin membantu tanpa embel-embel apapun. Selain itu saya juga ingin belajar dan menggalih ilmu gitu. Cuma saya menyarankan ntar kalo bisa caer jangan lupa sedekah, gitu aja. ya, alhamdullillah malah dapat rizki dikasih pulsa. :

lanjuutin yuukk..

BEJO : Pulsa sudah saya kirim gan susah masuk.

Saya : oh ya JO, makasih buanyaakkk yah.

Cara Mengatasi Masalah Pembayaran Google Adsense :

Kalo menurut Google, biasanya kalo pembayaran tidak diambil akan ditambahkan ke pembayarn berikutnya. Kalo MTCN hangus itu berarti sudah lebih 2 bulan ( 60 hari ) tidak di ambil-ambil uangnya di WU. Uangnya itu tidak hilang atau hangus, tapi akan dikembalikan ke akun Adsensenya. Jadi gausah panik, lebih jelasnya coba baca disini aja JO.. :

==>  https://support.google.com/adsense/answer/1316760?hl=id#n4

Nah.. untuk cara mengatasinya KLIK LINK INI aja JO.. :

==> https://support.google.com/adsense/troubleshooter/1199162

Ntar kamu disuruh jawab pertanyaan,  tinggal kamu jawab "YA" semua aja yah...

==> https://support.google.com/adsense/troubleshooter/1199162#ts=1199166,1199173,1199179

JADINYA seperti gambar dibawah ini nanti, terus tinggal klik aja tuh yang saya lingkarin :


Selanjutnya tinggal ngisi FORMULIR PENGAJUAN Menghapus Penangguhan Pembayaran Western Union. Linknya dibawaha ini JO.. 

==> https://support.google.com/adsense/contact/western_union_pay?rd=2

GAMBARNYA berikut ini :


Silahkan isi nama, alamat email yang bisa dihubungi (kayak nomer HP aja), ID Google Adsense nya, serta pastinya surat atau alasan kenapa Pembayaran Wu bermasalah, gitu aja. Kalo bisa pake bahasa Inggris ya JO, bisa pake translate kalo kesulitan. :D

Selanjutnya langsung klik KIRIM, dan tunggu kurang lebih 2x24 jam surat balasan google pasti tiba. Beres.

Jadi kesimpulannya Trik Dan Cara Mengatasi Pembayaran Google Adsense adalah :
  1. Pastikan brosis sudah verifikasi PIN yang dikirim Google ke alamat  brosis yang di daftrakan ke GA.
  2. Pastikan sudah men SUBMIT informasi pajak.
  3. Pastikan tidak ada penangguhan pembayaran di akun GA brosis.
  4. Ketika pembayaran sudah dikirimkan ( Payment Issued ) dan MTCN sudah keluar segera diambil dong.

Kalo masih bingung, pengen tanya, atau mungkin ada yang pengen ditambahin silahkan hajar kolom komentar  yang sudah saya sediakan di bawah ini yah... 

Oke, gitu aja cerita dari saya. Mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...