Penduduk Indonesia merupakan salah satu
pengguna BlackBerry terbanyak. Kelebihan dari BlackBerry ini sendiri di
banding dengan smartphone lain adalah karena adanya fitur Chat yaitu
BlackBerry Messenger atau BBM. Jadi dengan BBM ini pengguna bisa
chatting dengan sesama pengguna BB lain. Bukan cuma chat saja, tetapi
BBM bisa digunakan untuk kirim semua file, jadi sangat membantu sekali
untuk berbisnis. BlackBerry pun juga banyak diperjualbelikan di
konter-konter handphone.
BlackBerry
sendiri mempunyai garansi resmi sama seperti Nokia, Sony Ericsson,
Samsung atau merk handphone lainnya. Ada juga BB yang BM alias Black
Market. Bedanya BB yang bergaransi resmi sama yang BM sudah jelas, dari
segi perangkat Operating Sistem dan Assecoris BB yang bergaransi resmi
kualitas lebih bagus, tidak mudah error, dan tidak gampang trobel dan
yang pasti ada sevice center resminya. Sedangkan BB yang BM kualitasnya
jauh lebih buruk, dan tidak ada service center resminya, cuma menang
harga lebih murah doank.. Purna jual kembalinya pasti lebih mahal BB
yang resmi, sesuai kondisi fisik. Biasanya BB yang BM pada fisiknya ada
tulisannya tepatnya di bawah keypadnya, yang saya pernah tahu tulisan
T-Mobile. Beda dengan BB yang bergaransi resmi fisiknya mulus tanpa
adanya tulisan.
Jika kalian ingin membeli BB, saya sarankan kalian berhati-hati dan
jeli, tidak terpengaruh dengan harga murahnya saja, pastikan barangnya
memang bener-bener oke dan punyanya RIM, resmi ada service center
yang jelas. Selain Itu pastikan Timer BB nya 0, artinya BB belum pernah
terpakai karena timer tidak bisa di bohongi, jika BB sudah pernah
digunakan maka Timernya pasty akan jalan. Jika kaliann belum tahu cara
cek Timer BlackBerry bisa baca disini...
di Indonesia ada 3 Garansi Resmi RIM ( Research In Motion ) untuk BB, semua garansinya selama 2 tahun, yaitu :
di Indonesia ada 3 Garansi Resmi RIM ( Research In Motion ) untuk BB, semua garansinya selama 2 tahun, yaitu :
- yang Pertama, adalah TAM atau PT. PT. Teletama Artha Mandiri (TAM)
yaitu
merupakan salah satu Official Distributor BB RIM Indonesia. Pastikan BB
yang kita beli semuanya bersegel TAM, baik dari kelengkapan, dos, juga
di balik batterenya. Menurut sebagian orang BB bergaransi Tam adalah
yang bagus, service centernya cepat, dan rusak ganti baru.Tetapi menurut
pengetahuan dan pengalaman saya sewaktu kerja di dealer handphone,
pernyataan seperti itu salah karena kebetulan saja orang yang mengatakan
TAM bagus itu mendapatkan pelayanan yang baik dan cepat, tapi sebagian
yang mendapatkan pelayanan kurang baik pasti akan mengatakan sebaliknya.
Kelebihan BB garansi TAM dibanding yang lain dari segi purna jualnya
memang lebih mahal, karena BB garansi TAM lebih familiar di masyarakat.
Tapi intinya fisik juga berpengaruh terhadap purna jualnya. Sayangnya
service center TAM adanya cuma di kota-kota besar seperti Jakarta,
Surabaya, Bali, dan belum menyebar kesemua kota di Indonesia.
- yang Kedua adalah COMTECH ( CTN ) atau yang dulu di sebut TRIKOMSEL
Sama
seperti TAM, Comtech juga merupakan salah satu distributor BB resmi di
indonesia. Dari segi pelayan juga sama seperti TAM, sama-sama bagus dan
buruknya, juga sama rusak ganti baru. Jadi kalian gak usah ragu jika beli BB bergaransi Comtech karena ini juga RIM kog....
- yang Ketiga adalah SELULAR SHOP atau SS
Satu lagi distributor resmi
RIM untuk BB yang ada di Indonesia yaitu Selular Shop ( SS ). Sama
halnya dengan TAM atau Comtech, Selular Shop juga rusak ganti baru, untuk garasnsinya selama 2 tahun.
Tiga itulah Garansi Resmi BlackBerry RIM yang ada di Indonesia, selain
ketiga di atas berrarti BB kalian bukan Garansi Resmi, seperti Bless,
Berrindo, atau lainnya. Kebanyakan BB yang BM itu hanya ada di luar
negeri dan tidak masuk di Indonesia . Dari situlah para oknum tidak
bertanggung jawab memanfaatkan dengan melihat calon pembeli yang ingin
memiliki product yang disekelilingnya jarang ada yang punya. Saya hanya
menjelaskan BlackBerry ber Garansi Resmi di Indonesia, bukan menjelaskan
tentang ke ASLIAN BB tersebut, mulai dari Pembuatannya di mana, Made In
Mana, Tipe PIN nya, karena sebagian orang juga ada yang bilang kalau BB
Made In Kanada itu bagus, padahal dalamnya juga sama dengan BB made in
taiwan. Sekarang ini BB bahkan ada yang made in Malaysia. Yang jelas itu
tidak berpengaruh asalkan Garansinya Resmi. okaaay.. :)
Semoga Info di atas bermanfaat dan sedikit membantu yaaa... Jangan lupa tinggalkan coment...
UPDATE : Total sekarang Garansi Resmi BlackBerry Di Indonesia ada 4, yaitu Tam, Comtech, Selular Shop dan yang terbaru SCM. Silahkan di baca tulisan tentang :
bb asli made in??
ReplyDeleteAku sidh ga tau persis ttg BB
ReplyDeleteWaktu tanya2 ke counter, pelayan-a bilang
Beli yg resmi aja, jangan distributor (toko)
Kalo yg toko itu ada 3 yaitu : TAM, SS dan Comtech
Duh jadi bingung, yg resmi itu yg mana yach?
Nah.... Jika seperti itu sebaiknya agan balik nanya ke pelayannya terus BB yang resmi itu yang mana gitu ??? pasti blablabla....
ReplyDeleteKarena yang resmi memang ketiga itu mas ibnu... Tam, Comtech dan SS itu RIM... distributor resmi BB di Indonesia hehe yakin 10000 persen...
Waduh, hehehe... padahal orang yg nulis informasinya udah berusaha jelasin dengan bahasa paling sederhana loh.. ;P
ReplyDeleteBuat yang nulis, makasih informasinya. Semoga terus bisa berbagi.
Salam
heheh iyah makasih yah mas EVan... salam kenal juga makasih udah berkunjung... :))
ReplyDeleteThanks a lot u info nya
ReplyDeleteKlo garnsi am cas"an bru 2 minggu rusak d ganti baru gk ♈α᪪ gan??
ReplyDeletekalo garansi itu semuanya bukan mencakup accesorisnya gan, cas, henset, baterai, tidak ikut garansi, tetapi bisa jadi toko yang punya kebijakan untuk di ganti.. dan itu tergantung tokonya.. okeh..
ReplyDeleteklo SCM itu termasuk RIM bukan ?
ReplyDeletebukan... selain yang penulis jelaskan di atas bukan termasuk garansi resmi.. hatati-hati tertipu yah...
ReplyDeletedi kardus blackberry aku tulisannya Garansi 2 Tahun Telstar, itu resmi ga sih kak?
ReplyDeletegak resmi icha... sampai saat ini setahu penulis gak ada garansi resmi TELSTAR... memang bener garansi BB itu 2th, tapi untuk TELSTAR gak pernah ada...
ReplyDeleteFYI : untuk saat ini garansi RESMI dari RIM udh nambah menjadi 4 jadi gka cuma TAM, CTN, SS ditambah SCM (cba searching di om gogel aja kalo gak percaya) dan untuk yg garansi Telstar itu sebenernya barang punya Operator Australia atau sering di sebut bundling contohnya garansi Vodafone (eropa) dan AT&T (amerika), dan klo istilah BB Telstar itu "GREYMARKET" bukan BlackMarket
ReplyDeletehalah garansi taik!!!!barang TAM baru 6bulan pake di void alias ditolak cuma gara2 lecet casing..jelas2 karena pake hardcase mana yg namanya garansi 2 tahun????lcd blank kena biaya 1,2 jt....
ReplyDeletekalo yang Telstar dan Vodafone benar memang bundling sama kayak bundling dengan Telkomsel,, tapi itu justru bukan GAransi resmi... karena service senternya tidak ada gan...nah kalo ada kerusakan pada BB nya mau digaransikan keman ???
ReplyDeleteya itulah servis, ada yang bagus ada yang gak... tapi TAM itu garansi resmi bukan berarti garansi terbaik dan barangnya bagus, juga bukan berarti barangnya jelek.... semua garansi samasaja... TAM bagus bagi kita yg mendapat pelayanan bagus... dan sebaliknya
ReplyDeleteyg sekarang lg banyak nih om, garansi buat bebe tu dr d'best...tu garansi bneran ap ga y?
ReplyDeleteudah jelas bkn garansi resmi y kan?
tp ko' barang'y lg banyak2'y y beredar...
mohon pencerahan'y y om...
ada rncana mw bli bebe soal'y,,tp dpt garansi'y ya d'best ntu... :(
selain garansi diatas itu bukan garansi resmi yah meskipun barangnya lagi marak beredar... hati-hati tertipu. okeh
ReplyDeleteahhh payah. BB jening ane bru 3bln pake segel tam koid...masuk gransi nunggunya lama bgt g ada kbr udh mau hmpir 2 bln....kebanyakan bacot emang bilng garansi 2th..tp pelayanannya g memuaskan....
ReplyDeleteyah itulah sebuah servis, kadang bagus kadang juga tidak... selain itu namanya barang produck masal pasti gak semuanya bagus... tapi TAM tetep garansi resmi... hehe
ReplyDeletesebenarnya garansi apa saja itu ngga menjamin kalau BB nya perfect,namanya juga electronik,namun untuk saat ini TAM,CTN & SS memang garansi yang ngga ribet,dibanding Berrindo dan yg lain2,karna jika selain garansi resmi,prosesnya susah dan berujung VOID dgn berbagai alasan yg intinya menyalahkan Si pengguna,jadi mending pilih yg resmi (TAM,CTN,SS) memang semua garansi ada prosedur,jd klo BB nya kena air,jatuh,lecet,segel Garansi rusak sudah pasti diVoid
ReplyDeletejadi dr pada anda semua bakal ngeluarin duit buat diservice,hati2 klau memakai BB
wah ulasan yang bagus nih...terimakasih atas info tambahannya yah.. semoga bisa bermanfaatbagi yang lain..
ReplyDeletetrims sudah mampir...
d'blest tu resmi kagak yah??
ReplyDeleteKalo garansi itu bisa buat ganti casing bb nya ga? Saya pake Bb Bellagio garansi TAM
ReplyDeletebless bukan garansi resmi yah gan...
ReplyDeleteaccesoris tidak termasuk garansi, termasuk ganti casing.. terimakasih kunjungannya...
min, aku punya bb cdma tam garansi 2 tahun . kebetulan rusak dan hrs di service di service center jakarta . udah dibawa ke counter BB jogja, salah satu pegawai blg hrs ditunggu paling lama 2 bulan tapi pas di bulan ke dua dia bilang mundur lagi kira2 1 bulan . itu gmn ya min? thanks
ReplyDeleteya itulah anamnya Garansi, kadang servisnya bagus kadang juga gak bagus... tetapi garansi juga dilihat dari kerusakannya, kalau memang parah yah servisnya lama, apalagi kalo spare partnya gak ada wah pasti lama... jadi sabar saja yah...
ReplyDeletekalau garansi wilayah ntu apa? ada yang bilang garansi wilayah ntu sama dengan ss. betul ndak?
ReplyDeleteNambah 1, SCM. Itu resmi juga. Sempet liat di http://id.blackberry.com/eksisterus.html
ReplyDeleteSCM,,makasih mas benar sekali infox, cuma terkadang ada orang yang beranggapan kalau mau beli Blackberry, harus produk asli buatan Kanada, padahal BB ada yang buatan Finlandia, Perancis, bahkan Asia...Kalau cenderung mau produk asli buatan Kanada, beli saja yang bergararsi operator RIM dengan harga yang agak mahal dari garansi distributor (TAM, SS, CTN, SCM) tentunya.
ReplyDeleteterimakasih mister bob info tambahan dan kunjungannya...
ReplyDeleteya betul, bahkan BB ada yang buatan malaysia loooh, tapi barangnya 99% sama semua.... yang penting itu BB nya ber Garansi Resmi bukan BM itu sudah aman.. terimakasih kunjungannya
ah bb berrindo parah baru beli seminggu, udh logo bb nya yg di cover belakang chromenya pudar alias rontok, headsetnya di pake ada suara nging,,,, trus bb nyaa layarnya ngeblank tanda batere disilang,,, parah pokoknya nyesel beli garansi berrindo kaya barang rekondisi!!!!
ReplyDeletebb ane garansi seluler, tp dikota ane bogor cm ada tam, gmn tuh gan, bisa ga dibawa ke tmpt ane beli aja, bb resmi kog di botani square..mohon pencerahannya gan..karet casing ane yg udh mulai terkelupas (curve)
ReplyDeletekalo garansi G com gimana gan?
ReplyDeleteMakasi buat info'a bang..
ReplyDeletetapi ada kasus gni bang, misal'a sya mw beli BB yg BM, tpi di dus BB'a tertera segel garansi TAM, itu garansi'a bisa di pake g bang.?
kalo BM sudah pasti bukan garansi resmi, tapi kalo garansi TAM itu resmi, kalo mau garansikan bawa kartu garansi dan nota beli biasanya... Untuk casing kayaknya bukan garansi karena itu asesoris...selain garansi 4 di atas itu pokoknya bkn garansi resmi yah... hati-hati...
ReplyDeletemakasih kunjungannya,,,
skedar info jg,harga dr garansi resmi dan non resmi itu sgt jauh.sminggu yg lalu sy pernah ditawarin Z10 bless new buka segel cuman 6,3jt sedangkan dikota sy counter bless jg ada.dibandingkan dgn TAM yg harganya dikota sy mencapai 7,8jt.nah dilema dech jadinya,bayngkan barang sama2 baru tapi terpaut 1,5 jutaan.bless garansi 3 tahun,1 tahun sparepart, 2 tahun service.nambah galau jadinya,hingga sampai skr pun belum jd beli hehehe
ReplyDeleteuntuk mas krisna, ya begitulah trik menjual dari garansi yang tidak resmi, pastilah harganya lebih murah karena JELAS kualitas barangnya tidak sebaik garansi resmi... ibaratnya gini, beli motor cina sama HON*A yang asli, MODEL boleh sama tapi jelas mesinnya lebih awet yang Hond* sekalipun diliat dari penggunaanya.. hehee
ReplyDeleteterimakasih kunjungannya...
Gan klo ane bb orlando garansi BLESS trus di layar nya vodafone and made in malaysia selama ini sih bru ane pke 2 bln aman" aje, nah yg pngen ane tnyain itu bb asli apa bkn yaa gan??
ReplyDeleteMohon pencerahan nya yaa..
#thank's
buat mas yg di atas,,, pokoknya selain 4 garansi di atas itu bukan garansi resmi gan.. Bless, Berindo itu bukan distributor resmi BB di Indonesia... trims kunjungannya yah... :)
ReplyDeletemaksih infonya Gan....baru beli bb bb 9300 belum dipakai malah langsung restart terus....nunggu nasib...
ReplyDeleteMw tnya ne gan, aku bru bli bb monza 9860 garansi Comtech, bru pke 2 minggu trus lcd retak tpi casing mulus gak lecet.
ReplyDeleteApkah itu bisa garans'ikan??
TSA Oke : sabar coba diserviskan saja yah...
ReplyDeletekalo Lcd asalkan bukan karena kelalaian pemakaian mungkin bisa di garansikan atau tukar baru, coba langsung di bawah servis center Comtech aja...
itu retak karna kena timpa lutut gw.
ReplyDeletebarang BM(black market) tp garansi TAM gmn tuh gan??
ReplyDeletemohon pencerahan nya :)
yang punya garansi terbaik itu distributor apa sih ???
ReplyDeleteintinya satu om om semua..after sales service(layanan purna jual) gak ada yang beres, mau garansi apa saja..cmiw(tipikal di negara ini yah begitu)..Untuk itu carilah yang terbaik dari yang terburuk,dan jagalah dengan baik handheld anda..
ReplyDeleteAk beli bb 6 bulan lalu tp nota ilang. Masih bs klaim garansi gak ya gan?? Garansi tam
ReplyDeleteYg enak garansi baru bb scm gan om ane service gak nyampe seminggu langsung di konfirmasi selesai swap unit lagi padahal rusak trackpad doang TOP dah bb garansi SCM
ReplyDeleteok deh bang broes,,,,,xi,,,,xi,,,,i,,,,xi,,,ikkkhi,,,.mkasih bnyak ya atas informasi nya...... se,,,,,,X lg mkasih ya broe,,,,,,,,
ReplyDeletematurnuwun mas bro infonya,ak juga pernah ketipu masalah garansinya boss,tapi penjualnya udah gue lewatin mas bro,he2
ReplyDelete4W.1.NG copper palembang
ReplyDeleteOo...akhirnya saya jd tau skrng cara ngecek bb tu bner2 asli baru dan blum pernah dpake..
MKSH mas bro info nya...
TAM itu cuma mau monopoli saja, suapay org beli lewat dia. Jaman dulu saya senang beli nokia BM dpd garansi resmi, karena justru yang BM yang pure dari luar, termasuk batere juga. Dan malah yang BM yang ngga ada masalah sama sekali.
ReplyDeletePada intinya seperti anda beli Toyota via Auto2000, Tunas Toyota atau Toko Mobil biasa...
Saya lebih senang pakai yang BM dpd Garansi, toh kita beli BB bukan mengharap cacat atau rusak kan.
agan yang terhormat :)
ReplyDeletegaransi BB ONE itu gimana ya??
pencerahannya tolong
Initinya selama tu barang/gadget ga bayar pajak ke pemerintah ya itu sudah Black Market namanya.
ReplyDeleteNah rata2 bb yg di indonesia ni emang ngaco. Makanya sibuk sama garansi2an. Cuma bb lho.
Gadget dgn kemampuan yg boleh dibilang sangat jelek selain bbmannya tp dgn harga selangit.
Perlu diingat. Mau apapun garansi RESMInya, ingat itu tetap hanya garansi distributor.
Be a smart buyer.
terimakasih atas kunjungan sobat blogger semuanya...
ReplyDeleteterimakasih sudah mau memberi ulasan di blog ini.. :)
Wah .. 4 kali ganti bb sejak 2008 saya blm pernah beli bb garansi resmi, semuanya bm dan semuanya ga ada madalah lancar dengan masa pakai rata2 1 taunan
ReplyDeleteGaransi TAM BB berlaku berapa kali ya?
ReplyDeleteiya sebenarnya juga tergantung penggunaanya... cuma kualitas jelas lebih bagus yang resmi... :D
ReplyDeleteuntuk BB TAM garansi 2 tahun..
CNT = Comtech sama gak gan? mksh atas jwbnyya
ReplyDeleteRIM, Comtech, TAM.. itu Garansi resmi BB..
ReplyDeletekalau d'best sy kecewa banget.. itu garansi apa hotel ya. service BB ko nginep hampir sebulan belum juga kelar...