Cara Mengecas Baterai Handphone Baru

Selama ini mungkin teman-teman penasaran bagaimana Cara Mengecas Baterai Handphone Baru yang baik dan benar. Penggunaan baterai pada handphone baru sangat berpengaruh pada kinerja handphone yang akan digunakan seterusnya. Jika awal pengecasan salah, maka performa baterai bekerja tidak optimal. Terkadang baterai cepat habis (ngedrop), panas bahkan sampai hamil dan lain sebagainya jika salah dalam melakukan pengecasan awal.
Agar kinerja baterai pada handphone baru yang kita beli bekerja dengan baik dan optimal, penulis akan jelaskan bagaimana Cara Mengecas Baterai Handphone Baru berdasarkan pengalaman penulis ketika bekerja di konter. Selain itu, penulis juga berbagi pengalaman melalui artikel Tentang Handphone, BlackBerry, dan Android yang pastinya unik dan menarik. Berikut ini penjelasan Cara Mengecas Baterai Handphone Baru : 

1. Pengisian awal baterai (ngecas) di handphone baru dilakukan selama kurang lebih 4-5 jam dengan tujuan agar kinerja baterai optimal. Jadi charger jangan di cabut  atau pengisian dilanjutkan saja jika selama kurang lebih 2 jam baterai HP baru sudah penuh. Sekali lagi saya tegaskan hal ini di lakukan hanya untuk baterai HP baru, baru beli dan buka segel, bukan baru beli tapi bekas.

2. Untuk pengecasan baterai selanjutnya di lakukan sampai penuh saja, jadi maksudnya jika baterai sudah penuh langsung di cabut tanpa menunggu 4-5 jam lagi.

3. Ketika melakukan pengecasan baterai HP baru, kondisi HP harus dalam keadaan menyala. Looh... dulu kan kondisinya mati kog sekarang nyala, terus yang bener yang mana donk ..??? okay, akan saya jelaskan deh... hehe jadi memang benar pengecasan baterai dulu kondisinya harus mati. Itu karena standart baterainya masih menggunakan Baterai Lithium. Naaah... sedangkan untuk standart baterai yang saat ini digunakan adalah Baterai Li-Ion. Jadi disitulah bedanya.. Untuk mengetahui Baterai Lithium atau Baterai Li-Ion kita bisa melihatnya di bagian depan baterai. 

4. Ketika melakukan pengecasan baterai di handphone baru, handphone jangan di gunakan dulu baik untuk sms, telpon atau yang lainnya. Hal inilah yang akan menyebabkan baterai panas, ngedrop, bahkan hamil. Sebaiknya saat mengecas baterai handphone baru, simcard di lepaskan saja untuk menghindari telpon atau sms yang masuk.

5. Terakhir ketika beli, pastikan baterai dan chargernya termasuk assesoris lain original. Caranya dengan melihat segel dari merk HP yang kita beli. Jika tidak ada segelnya maka harus di pertanyakan.

Demikianlah tadi penjelasan tentang Cara Mengecas Baterai Handphone Baru yang baik dan benar. Penjelasan inilah yang saya terapkan kepada pembeli untuk mengurangi risiko komplain di lain hari. Terbukti sedikit yang komplain masalah baterai, yang ada hanya karena mereka salah dalam melakukan pengecasan awal. Semoga apa yang sudah sampaikan di atas bisa bermanfaat dan bisa dimengerti teman-teman. Nah,

12 comments:

  1. barusan saya beli batry baru,padahal pas sya pasang batrinya langsung habis,saya langsung cas gk sampae 30 menit langsung full.gimana ini

    ReplyDelete
  2. mungkin batre baru yg anda beli bermasalah mas, coba di tukarkan aja ke tempat anda beli.. harusnya batre baru pasti normal...
    terima kasih

    ReplyDelete
  3. saya baru beli batery tapi pas saya psang untuk di ciba di counternya kok kosong ya?? apakah tdk masalah bila batery baru tp kosong?? krna setiap sya beli hp baru selalu dapat batery yg terisi energy walapun hanya sedikit

    ReplyDelete
  4. hp sony gampang ngedrop gmana solusinya? mohon saranya jadi gak lancar jualan jaket kulitnya nih

    ReplyDelete
  5. kalo baterai baru memang harusnya ada isinya meskipun sedikit, minimal 10% sudah terisi, baik atau tidaknya bisa di ketahui setelah di cas sesuai artikle di atas,, terimakasih..

    untuk hp sony yg baterainya cepet ngedrop banyak faktor, bisa jadi baterai sudah minta di ganti, atau pas pengecasannya tidak optimal, misal ngecas sambil smsa, tlpan dsb...

    ReplyDelete
  6. misi om...mohon pencerahannya.
    ane beli batery hp baru,karena yg lama udah lowbat jd ane ganti.awal ngecharge ane ikutin prosedurnya,yaitu 4-6 jam.tp pas hp dinyalain (tanpa digunakan buat sms atau telpon) batery cuma bertahan skitar 4 jam saja.ane yakin baterynya original karena beli dtempat resmi.
    apa ada pengaruh dari hp saya atau baterynya yg bermasalah???
    hp saya nokia n93i baterynya BL-5F 950 mAH 3.7V 3.5Wh.
    terima kasih sbelumnya.

    ReplyDelete
  7. mas yayang ada dua kemungkinan bisa jadi batterynya memang benar-benar originalkah atau aspal....yg kedua 4 jam ukuran yang lama untuk battery yg bukan bawaan dari Hp nya pas beli.. memang beda dg original bawaan hp..
    terimakasih kunjungannya...

    ReplyDelete
  8. gan mau tnyak,
    kalau sejak awal batre baru sya cas smpai ful lalu saya cabut lngusng tnpa nunggu 4-5 jam,,
    lha iitu saya belm tau,, lau uda tau apa say lakukan ngecas sampai4-5 jam,, hp say baru 2hari saya pegang
    mohon penjelasanya

    ReplyDelete
  9. Saya baru beli hp samsung galaxy core tapi pas di cas pertama kali ga sampe 4 jam udah saya cabut, itu dampaknya apa? Trus solusinya bagaimana tolong di jawab ya. Thank's before

    ReplyDelete
  10. Mas lithium dan li- ion bukannya sama?
    Saya ga setuju sama tulisan mas diatas. Agak membodohi pembeli hp baru.
    Baterai yang harus dicas dulu selama 4 jam atau lebih saat baru dibeli adalah baterai ni-cad yang keluarannya dibawah taun 2000.
    Baterai lithium yg sekarang dipakai di ponsel baru ga harus dicas 4 jam atau lebih saat baru dibeli. Bahkan bisa dicas saat keadaan baterai masih diatas 60%.penjelasannya silahkan lihat: http://musuko-kun.blogspot.com/2012/01/pengisian-dayabaterai-baru-haruskah.html?m=1

    ReplyDelete
  11. Eeee kenapa baterai saya tidak tahan lama pada hal aku ikit jg saranmu gimana si ni

    ReplyDelete
  12. penggunaannya gmn dulu, bisa dijelasin ???

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...