Tips Sebelum Menghadapi Ujian Nasional

Kali ini penulis ingin berbagi Tips Sebelum Menghadapi Ujian Nasional agar mendapat nilai yang bagus dan memuaskan. Ujian Nasional atau UNAS memang menjadi salah satu hal yang membuat pelajar galau, karena pertahun standar nilai kelulusannya naik. Selain itu, UNAS dianggap mengerikan karena kelulusan seorang pelajar ditentukan hanya dengan 3 hari UNAS bukan selama 3 tahun belajar. Buruknya lagi banyak pelajar yang merasa di rugikan, karena banyak pelajar yang setiap harinya nilainya bagus, ketika UNAS nilainya standart bahkan ada yang tidak lulus. Justru yang setiap harinya nyontek malah nilainya lebih bagus dari yang memberi contekan. Karena penulis juga pernah mengikuti UNAS maka apa salahnya berbagi pengalaman tentang Tips Sebelum Menghadapi Ujian Nasional.


Sebenarnya Tips Sebelum Menghadapi Ujian Nasional sangat penting dan harus diketahui oleh pelajar. Bagi pelajar terutama yang sudah kelas 3, baik SMP atau SMA hari-hari menjelang UNAS itu terasa cepat dan sangat melelahkan. Karena tidak lain yang dipikirkan hanyalah Ujian Nasional dan rasa takut jika tidak lulus. Tidak ada kegiatan lain yang dikerjakan selain belajar dan belajar. Jadi rasanya tidak ada waktu lagi untuk bermain, apalagi pacaran. Tetapi, dari sisi lain memang ada sebagian pelajar yang tenang dan biasa aja meskipun UNAS kurang satu hari lagi.

Selain belajar dengan giat, ada beberapa Tips Sebelum Menghadapi Ujian Nasional yang pernah penulis lakukan dan alhamdulillah berhasil. Percaya atau tidak buktinya adalah nilai matematika penulis 10. hehe namun sengaja tidak di share karena takut disangka sombong atau pamer gitu. Berikut ini Tips Sebelum Menghadapi Ujian Nasional :

1. Pertama adalah belajar, belajar dan belajar. Fokuslah untuk belajar, pacar di taruh dilemari dulu. Waktu paling baik untuk belajar adalah subuh dan sore hari, namun biasakan belajar sepulang sekolah meskipun sedikit karena pelajaran yang kita dapat istilahnya masih anget gitu. Jangan pernah berpikir untuk mencontoh ke teman, karena belum tentu jawaban teman kamu itu benar. Berusahalah sendiri dan yakinkan pada dirimu jika kamu bisa. okeh :)

2. Jauh jauh hari sebelum UNAS bilang ke ortu jika kamu mau UNAS dan mintalah didoakan. Jangan lupa ketika sudah mengikuti UNAS minta doa restu dan minta dibacakan surat Al-fatikha. Cium tangan dan kaki Ibumu sebelum berangkat.

3. Seringlah bangun malam untuk sholat tahajud dan berdoalah meminta pertolongan kepada Allah agar diberi kelulusan dengan nilai yang membaggakan. Sebaiknya bangun setengah jam sebelum Adzan subuh karena setelah holat subuh sebaiknya digunakan untuk belajar.

4. Sebelum mengerjakan soal-soal UNAS berdoalah dulu dan baca solawat. Bacakan surat Al-fatikha buat guru yang mengajarkan mata pelajaran UNAS saat itu. Misal, sekarang waktunya matematika maka bacalah Al-fatikha yang ditujukan kepada semua guru Matematikamu. Dengan catatan jika guru tersebut beragama muslim yah.

5. Jika kamu benar-benar ingin lulus dengan nilai yang baik, bisa membanggakan orang tua dan nilai kamu bisa di terima di Universitas ternama, serta tidak ingin mengecewakan orang tua, maka bernadzarlah. Nadzar itu janji, dan janji wajib di tepati. Tapi bernadzarlah yang baik, kemudian penuhi dan tepatilah. Misal, "jika saya lulus dengan nilai matemtaika 10, maka saya akan berpuasa tiga hari". Kemudian terkabul, lulus dengan nilai matematika 10, maka kamu WAJIB memenuhi nadzar kamu tadi, yaitu berpuasa tiga hari.

Itulah tadi beberapa Tips Sebelum Menghadapi Ujian Nasional yang pernah penulis lakukan. Intinya adalah kita harus berusaha atau ikhtiar dan berdoa. Jika kita sudah berusaha, maka bertawakkallah dan pasrakan semua kepada Allah karena semuanya yang menentukan hanyalah Allah. Namun ikhtiar dan doa itu dilakukan agar kita diberi kelancaran dan kemudahan. Selain itu untuk menghilangkan keraguan, rasa takut dan was-was. 

Saat UNAS kebanyakan rasa panik yang timbul, apalagi jika kita tidak belajar ditambah lagi dengan pengawasan yang ketat. Kita hanya bisa menoleh kekanan dan kekiri untuk menunggu contekan dan jawaban ajaib. Apa itu yang Anda inginkan ? Itulah pentingnya belajar dan mengandalkan kemampuan sendiri tetapi semuanya terserah Anda ?

Seperti yang kita tahu, prosedur UNAS sedikit rumit. Baik cara mengisi jawaban serta penilaiannya. Banyak kasus yang tidak lulus karena nilai gak terbaca, lembar jawaban terkena keringat, dan juga kadang ada salah satu form yang belum terisi. Mirisnya lagi pelajar yang tidak lulus seakan tidak siap untuk menerima itu, ada yang prustasi, depresi bahkan gila, pergi dari rumah karena merasa telah mengecewakan orang tua, parahnya lagi ada yang sampai menjual diri dan bunuh diri. Merinding mendengarnya kan ... hih

Tetapi sadarlah jika tidak lulus UNAS bukan berarti dunia sudah berakhir, anggaplah sebuah ujian yang akan membawa kita menuju kesuksesan. Masih banyak yang bisa kita kerjakan, apalagi saat ini teknologi semakin canggih. Gak perlu berputus asa, tetaplah semangat untuk menikmati hidup. okeh :)

Tips Sebelum Menghadapi Ujian Nasional yang sudah penulis bagikan di atas bisa teman-teman terapkan untuk menghadapi semua ujian, baik pelajar atau mahasiswa. Semoga saja bermanfaat yah. Kurang lebihnya penulis mohon maaf, dan jika ada kritik dan saran silahkan disampaikan.


0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...