Makanan Yang Baik Dikonsumsi Selama Menstruasi

Sebagian perempuan, terutama yang mengalami PMS atau Premenstrual Syndrome cenderung ingin banyak konsumsi makanan tertentu yang umumnya bukan makanan yang sehat. Kentang Goreng misalnya, karena biasanya cewek suka ngemil, serta makanan yang serba manis atau asin. Menurut ahli gynecology Rebecca Booth, MD., penulis buku The Venus Week : Discover the Powerful Secret of Your Cycle - at Any Age, penyebabnya adalah kadar estrogen, testosterone dan progesterone, hormon utama reproduktif, turun pada hari-hari menjelang mens dan tetap rendah selama beberapa hari pertama mens.

Penurunan tajam hormon ini membuat kadar zat kimia otak yang mendukung perasaan, contohnya serotonin dan dopamine, turun yang akan mengakibatkan semangat, contohnya coklat (dopamine) dan makanan bertepung (serotonin). Jika Anda mengalami craving yang dipicu mens dan tak bisa menghindari biskuit lapis cokelat dan selai kacang tanah, Keri Glassman, RD, seorang penulis buku Slim Calm Sexy Diet: 365 Proven Food Strategies for Mind/Body Bliss, mengatakan bahwa tidak terlalu terlambat untuk kembali ke makanan lezat dan sehat. Dia menyarankan agar mengawali hari dengan sarapan sehat kaya serat dan protein, contohnya yogurt dan setengah cup serealia serat, yang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan berkemungkinan lebih kecil mengambil makanan tinggi gula.

Wanita yang sedang menstruasi dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk membantu menggantikan yang hilang selama menstruasi. Protein tumbuhan untuk menstabilkan gula darah dan vitamin-vitamin B dan polyphenols untuk membantu mengatasi perubahan hormonal dan perasaan yang disebabakan menstruasi. Selain itu, ketika makan tingkatkan konsumsi asam lemak esensial yang dapat meningkatkan processing dopamine dan serotonin otak.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi ketika menstruasi :
  • Kacang-kacangan (nut), selai kacang, biji-bijian dan kedelai untuk menstabilkan gula
  • Bayam, lentil, dan chickpea meningkatakan kadar zat besi.
  • Blueberry dan raspberry dapat membantu mengatasi simpton estrogen rendah.
  • Cokelat hitam yang kaya akan polyphenols yang dapat membangkitkan semangat.
 Masih banyak lagi makanan lain yang baik dikonsumsi ketika Anda menstruasi. Selain itu terkadang ketika Anda kedatangan "tamu" ini akan terasa sakit. Tips mengurangi rasa nyeri saat mens bisa Anda baca disini....
semoga artikel ini bermanfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...