Khasiat Minuman Sari Jahe

Minuman sari jahe, adalah sebutan untuk minuman yang dibuat dari jahe, atau yang lebih dikenal dengan "wedang jahe" ternyata sudah digunakan sejak beribu-beribu tahun lalu dalam pengobatan India, China, dan Arab sebagai remedi herbal untuk sejumlah masalah kesehatan. Mulai dari mual, pilek bahkan sampai gangguan pencernaan dan sakit sendi. Selain itu juga digunakan untuk membantu menguatkan sistem imun dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. 
Menurut herbalist Joy Mary dari morethanalive.com, minuman sari jahe dapat memberikan beberapa khasiat obat, sebagai berikut :
  • Mengatasi Mual
Minuman sari jahe sudah digunakan dalam pengobatan tradisional Asia untuk mengobati mual. Biasanya Ibu hamil sering mengalami mual, dapat diredahkan dengan sedikit konsumsi jahe segar, dan ginger ale. Dalam dosis besar jahe juga membantu mengurangi mual pada pada pasien yang sedang menjalani chemotherapy.
  • Meningkatkan Kesehatan Jantung
Hanya dengan 5 gram jahe yang dikeringkan sehari menunjukkan memperlambat produksi trigliserida dan LDL, kolestrol jahat, di dalam liver. Jahe juga dikaitkan dengan mencegah platelet menggumpal jadi satu, suatu kondisi yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.
  • Mengurangi Sakit Sendi
Jahe sudah digunakan untuk mengatasi sakit sendi. Jahe menstimulir sirkulasi darah dan sudah digunakan untuk meringankan simpton rematik dan Raynoud's syndrome.
  • Gangguan Pencernaan
Jahe digunakan untuk mengatasi gas, gangguan pencernaan, dan diare. Jahe bekerja dengan meniru beberapa enzim pencernaan yang digunakan untuk memproses protein di dalam badan.
  • Mengatasi Pilek
Minum minuman sari jahe dianjurkan untuk meringankan simptom pilek karena dapat mengencerkan phlegm dan memerangi dingin dengan menyebarkan rasa hangat di seluruh badan. Dianjurkan minum sari jahe dalam kondisi hangat, karena minuman hangat juga dapt menurunkan pilek.
  • Membantu Sirkulasi Darah
Gingerols membantu mencegah platelet lengket satu sama lain, yang dapat menyebabkan pengumpulan darah. Jahe dapat mengencerkan darah yang dapat membantu sirkulasi. Beda dengan aspirin, efek dari minuman sarai jahe dapat menenangkan perut. Studi-studi pendahuluan menunjukkan bahwa jahe dapat menurunkan kolestrol.
  • Berefek Positif Pada Otak
Riset Denmark menunjukkan, jahe dapat menghambat prostaglandin, sejenis zat kimia di dalam badan yang menyebabkan inflamasi pembuluh-pembuluh darah di otak. Karena itu, jahe dapat membantu penderita migrane. Sebuah studi dalam Lancet menunjukkan bahwa jahe dapat mdngatasi mabuk di kendaraan. Selain itu juga membantu mengurangi rasa stres. Jahe digunakan dalam aromatherapy dan aroma spicy yang dilepaskan oleh minuman sari jahe yang dapat merilekskan.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat mengkonsumsi minuman sari jahe. Selain harga jahe yang tidak mahal, cara buatnya pun juga mudah. Anda bisa mencobanya dirumah sebagai minuman yang menemani santai Anda. Semoga info ini bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...