Cara Instal Aplikasi Android Dari Sumber Lain

Menginstal aplikasi android dari Android Market (sekarang Google Play) memang cukup mudah, syaratnya adalah kita harus punya akun google, misal Gmail. Selain itu di Android Market sudah di sediakan ribuan aplikasi gratis yang siap untuk di unduh. Android Market juga akan memberikan notifikasi untuk meng update aplikasi yang sudah terpasang di handphone kita. Lalu bagaimana jika kita mendapatkan aplikasi menarik dari sumber lain, bukan dari Android Market ??? ada 2 cara untuk menginstalnya, sebagai berikut :

1. Android SDK
Tidak seperti Android Market yang bisa instal aplikasi langsung dari HP, untuk cara ini kita membutuhkan bantuan laptop atau PC. Untuk jelasnya adalah sebagai berikut :
  • Download Android SDK kemudian instal pada PC kalian. Silahkan download disini...
  • Download Android USB Driver kemudian instal. Silahkan download disini...
  • Setting pada HP untuk mengizinkan instal aplikasi dari sumber lain. Langkahnya pilih Menu Setting-Application Settings-Unknown Sources. 

  • Aktifkan USB Koneksi, langkahnya pilih Menu-Setting-SD Card&Phone Storage-Aktifkan koneksi ke USB.
 
  • Buka Command Prompt Windows dan ketikkan adb install /.apk. Ganti dengan path yang menuju ke file APK tersimpan dan ganti dengan nama file APK, misalnya, adb install C: Dictionary.apk.
  • Selesai. 

2. APK Installer
Cara ini lebih mudah dibandingkan cara diatas, karena kita tidak perlu banyak melakukan pengaturan pada HP cukup mengatur untuk mengizinkan instal aplikasi dari sumber lain. Selain itu cara ini bisa ditempuh tanpa bantuan PC, jadi kita bisa memindahkan file APK via memori, bluetooth, atau via email kemudian kita tinggal meninstalnya saja. Jika kita ingin menginstalnya lewat PC, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
  • Download APK Installer kemudian Instal pada PC kalian. Silahkan download disini...
  • Silahkan koneksikan HP dengan PC kalian, caranya sama seperti di atas.
  • Dobel klik file APK yang ingin di instal yang ada di PC kalian.
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai.
Sangat banyak aplikasi yang disediakan android, dan tergadang kita tidak tahu aplikasi apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang kinerjanya dan dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, misal kamus. Jika kalian ingin tahu aplikasi apa saja yang paling dibutuhkan di Android silahkan baca disini.. Selamat mencoba dan jika ada pertanyaan silahkan disampaikan lewat komentar. 

2 comments:

  1. makasih banyak gan infonya
    tutorial yg bermanfaat
    akhirnya bisa juga

    ReplyDelete
  2. sama-sama... terimakasih atas kunjungannya yah... jangan sungkan-sungkan balik lagi...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...