Shuffle Dance

Tau Gak Sih ??? kalian tentang Shuffle Dance... Mungkin namanya sudah tak asing lagi bagi kita. Sekarang kan lagi musim-musimnya dance, pasty pernah dengar donk kata " Shuffle " ... kalo dulu yang suka dance itu cewek, beda dengan sekarang, cowok-cowok juga sudah banyak yang bisa dance, terbukti dengan banyaknya boy band dan girl band jago dance yang lagi tren di Indonesia. Waaaah... terus Shuffle Dance itu apa, berikut akan saya berikan sedikit infonya..


Sejak dipopulerkan oleh duo asal Amerika, LMFAO melalui single fenomenalnya Party Rock Anthem Shuffle mewabah, terutama dikalangan remaja. Trend yang terjadi, seakan mengingatkan trend break dance era 80an. Sebenarnya apa dan bagaimana sih awal munculnya salah satu jenis street dance ini.

Shuffle Dance, secara harfiah tarian ini diartikan menggunakan gerakan kocokan. Sebelum dipopulerkan oleh LMFAO, kalau kita perhatikan tarian ( gerakan ) ini juga pernah nge-trend saat dipopulerkan oleh MC Hammer, Rapper tahun awal 90an. Apakah tarian ini pertama kali diciptakan oleh olehnya ? ternyat bukan, trian ini ternyata diciptakan oleh Paula Abdul, seorang koreografer berkebangsaan Australia pada tahun 1987. Bukan MC Hammer, tapi Janet Jackson yang pertama kali mempopulerkan jenis tarian simple ini dalam menjalani konser tour antara tahun 1987-1988.

Di Melbourne, trend Shuffle berkembang pertama kali. Tarian ini memiliki beberapa teknik, diantaranya terdiri dari langkah Hop-ping atau geser dilakukan sedemikian rupa pada kecepatan untuk mensimulasikan seorang pelari. Sekilas tarian ini sangat simple dan konstan, dilakukan berulang-berulang. Namun setelah dicoba, ternyata banyak yang berpendapat bahwa perlu latihan untuk menjaga ritme dan keluwesan yang jarang sekali muncul saat pertama kali kita meniru atau mengikuti.

Dalam Shuffle dance juga dikenal beberapa jenis, diantaranya runningman, shuffle, glide, spin, dipn and kick dan ekstrem spin. Seperti namanya Running man memiliki gerakan seperti orang berlari dengan kecepatan konstan tapi tetap di tempat. Shuffle adalah gerakan pengembangan dari Running man, dengan penambahan gerakan ke kiri, kanan, depan, atau belakang dengan diakhiri hentakan kaki. Glide Spin and Glide serta Ekstrem Spin adalah gerakan yang memadukan antara shuffle dan running man. Yang membuat special dari tarian ini adalah fashionable. Maka dari itu, tarian ini sangat provokatif dan mudah masuk dalam pergaulan anak muda. Selain membicarakan, saat ini munculbanyak komunitas Shuffle Dance di beberapa kota besar di Indonesia.

Sebenarnya Shuffle Dance bukan harus dilakukan anak muda ajja degh, mungkin buat bapak-bapak atau ibu-ibu yang tidak punya banyak waktu untuk berolahraga Shuffle Dance mungkin bisa jadi alternatif olahraga, karena Menari itu Menyenangkan dan Sehat. Selain sehat, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari menari, untuk jelasnya bisa baca disini,,, 
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...