Menari Itu Menyenangkan Dan Sehat

Buat kalian yang suka menari berbahagialah karena Tau Gak Sih ??? ternyata efek samping dari menari adalah menyenangkan dan sehat asal tidak dilakukan secara berlebihan. Selain itu menari juga bisa digunakan untuk ritual penyembuhan. Gak cuma itu, menari merupakan salah satu bentuk ungkapan rasa percaya diri kita. Memang banyak jenis tarian yang ada, tapi yang sekarang jadi fashionable dan disukai kalangan muda adalah Shuffle Dance. Apa saja ya info menarik tentang menari... biar gak penasaran yukk kita simak wacana berikut.. :)

Dalam beberapa artikel menyebutkan bahwa seni kebudayaan tertua yang diciptakan manusia adalah menari. Bagi beberapa suku kuno, menari sering diidentikkan dengan simbol budaya yang memiliki semangat spiritual bahkan mistis. Terlepas dari kepercayaan tersebut, menurut penelitian menari itu indah, menyenangkan, dan sehat asal dilakukan tidak berlebihan.

Menari merupakan bagian penting dari cara ekspresi diri, upacara adat atau agama, serta kesehatan di sebagian besar budaya sepanjang sejarah. Seorang ahli pengobatan dari suku asli Amerika menggunakan tarian sebagai bagian ritual penyembuhan mereka. Selanjutnya, pengguna tari dalam sistem pengobatan konvensional Barat mulai diperkenalkan oleh oleh Marian Chace pada 1942. Dia diminta bekerja di St. Elizabeth's Hospital di Washington, D.C. setelah para dokter melihat manfaat terapi pada pasien yang mengikuti kelas tarinya.

Pada dasarnya, terapi menari merupakan penggunaan gerakan yang bersifat menyembuhkan untuk memperbaiki kesehatan fisik dan mental seseorang. Terapi ini fokus pada hubungan antara pikiran dan tubuh untuk mencapai kesehatan dan pemulihan. Terapi ini, bisa juga dinyatakan sebagai terapi ekspresif. Jadi, kalian bisa menggunakan terapi ini untuk menggali emosi-emosi terdalam kalian, emosi terpendam yang mungkin saja menjadi penyebab dasar masalah kesehatan kalian.

Manfaat telah dibuktikan oleh sebuah studi ilmiah. Beberapa studi telah mengevaluasi dampak terapi menari ini terhadap kesehatan, pencegahan dan pemulihan dari penyakit. Laporan klinis menunjukkan kalau terapi menari efektif meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi stres. Sebagai salah satu bentuk latihan fisik, terapi menari juga berguna baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Menari atau berlatih aerobik secara teratur akan membantu metabolisme glukosa, kesehatan kardiovaskular, serta mengontrol berat badan. Jika dilakukan secara teratur, juga akan mendatangkan manfaat yang sama dengan latihan fisik lainnya. Latihan fisik sedang selama 30-45 menit hampir setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Terapi menari juga bisa membantu kalian tetap fit serta membuat kalian gembira dalam menciptakan gerakan berirama dengan tubuh kalian.

Untuk saat ini, menari memang sudah banyak kalangan yang meragakan. Bahkan pemain bola pun banyak yang melakukan selebrasi menari ketika mencetak gol. Jadi, menari bisa jadi tren masa kini. Semoga info yang saya berikan ini menambah wawasan kita bersama... dan masih banyak lagi info-info unik yang akan saya berikan, so ikuti terus perkembangan blog saya.. hehe :)

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...