Khasiat Makanan Lezat Untuk Kesehatan

Tau Gak Sih...... ??? Baru-baru ini ada penelitian yang menyatakan bahwa makana enak itu menyehatkan. Lah, biasanya kan makanan enak itu tidak sehat karena mengandung kolestrol, lemak dll. Wah opini itu ternyata salah, berikut penjelasannya ...

Anggapan makanan sehat itu tidak enak karena rasanya hambar, pahit atau membosankan ternyata tidak benar. Riset terkini menunjukkan, makanan enak seperti pizza, selai kacang tanah, keju dan popcorn mengandung nutrien super yang baik untuk jantung, meningkatkan kebahagiaan, mencegah diabetes dan lain-lain. Berikut, beberapa makanan lezat dan sehat  yang mungkin kalian sukai :
  • Keju Membuat Jantung Sehat
 Anggapan keju bisa menyebabkan penyakit jantung ternyata tidak benar. Hanya makan 1 ons sehari dapat menurunkan risiko serangan jantung sampai lebih dari 10%, kata para ahli. Keju berkhasiat karena keju kaya akan Conjugated Linoleic Acid, yaitu lemak sehat yang kaya dengan antioksidan ampuh yang bekerja mencegah timbunan lemak di dalam arteri dan mencegah arteri mengeras, dua penyebab utama di balik penyakit jantung. Menurut laporan New England Journal of Medicine, keju juga dapat mencegah Arthiritis, jadi orang-orang yang makan paling banyak keju dan produk susu lainnya setiap hari dapat menurunkan risiko mengembangkan gout, yaitu sejenis arthiris yang paling umum, sampai separuhnya.
  • Selai Kacang Tanah Mencegah Batu Empedu
Riset baru menunjukkan, makan 1ons, 5 kali seminggu, dapat menurunkan risiko mengembangkan batu empedu sampai 25%. Kondisi yang menyakitkan ini mengenai lebih dari 200 juta orang Amerika setiap tahun. Selai Kacang Tanah ini berkhasiat karena senyawa alamiah di dalam selai kacang tanah membantu mengurangi kadar kolestrol, mencegah terbentuknya batu. Jadi, kandung empedu menyimpan empedu, sejenis cairan berisi kolestrol yang membantu mencerna lemak. Tapi bahkan empedu bisa kelebihan kolesterol. Kolesterol yang berlebihan ini dapat mengeras menjadi batu dan di cegah oleh senyawa alamiah dari selai kacang tanah tersebut.
  • Pizza Mencegah Kanker
 Para periset italia baru-baru ini menemukan, makan 2 iris pizza keju paling sedikit sekali seminggu menurunkan risiko kanker mulut sampai 33%, kanker kolon sampai 25%, dan kanker esophageal sampai 60%. Selain itu, menurut Journal of the National Cancer Institute, pizza juga dapat menurunkan risiko kanker perut dan kanker pankreatik.
Mengapa bisa berkhasiat ? Saus pizza kaya akan antioksidan ampuh Lycopene,kandungannya bahkan lebih banyak dibandingkan dengan tomat segar karena lebih pekat. Lycopene membantu menghancurkan radikal-radikal bebas penyebab kanker di dalam tubuh. Keju pada pizza berperan penting karena lycopenen harus dimakan dengan lemak agar bisa diserap tubuh. 
  • Cokelat Hitam Mencerahkan Perasaan
 Para Ahli kini menemukan mengapa lebih dari 40% perempuan ingin makan makanan manis dan 50% orang mengatakan ingin makan cokelat. Cokelat adalah antidepressant alamiah. Cokelat mengandung phenethylamine, sejenis senyawa yang meningkatkan kadar hormon dopamine yang menyebabkan rasa senang. Cokelat hitam juga kaya tryptophan, yang oleh tubuh diubah menajadi hormon kebahagiaan lainnya, serotonin membuat cokelat hitam menjadi pembangkit semangat yang paling efektif. selain itu menurut para periset harvard menemukan, orang-orang yang makan cokelatpaling sedikit 3 kali setiapbulan, secara khas hidup lebih panjang hampir setahun dibanding yang tidak makan.
  • Popcorn Mencegah Diabetes
Snack yang sudah ada sejak 80 ribu tahun lalu ini termasuk senack pilihan pertama di Amerika. Riset dari Tufts University, Bostom, menunjukkan makan 3 cup popcorn per hari dapat mencegah diabetes, suatu penyakit yang kini mengenai berhuta-juta orang di seluruh dunia. Popcorn terbuat dari padi-padian utuh sehingga membantu menjaga kadar gula darah dan kadar insulin stabil. Tak heran jika studi menunjukkan, orang-orang yang paling banyak makan popcorn juga cenderung punya berat badan dan kadar kolestrol yang paling rendah, dua faktor risiko yang dapat menyebabkan diabetes.
Jadi kesimpulannya, semua makanan itu baik asalkan hahal. Islam pun mengajarkan untuk memakan makanan yang halal dan baik. Penyakit timbul bisa disebabkan karena manusianya sendiri, mungkin komsumsi yang berlebihan. Sehat sangatlah mahal, untuk itu jagalah kesehatan dan pola makan. Semoga postingan info diatas bermanfaat... :)

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...