Asal Mula Video Call

Pada awalnya, penggunaan video call menggunakan perangkat komputer yang digabungkan dengan kabel telepon, sehingga komunikasi jarak jauh dilakukan dengan menggunakan perangkat yang banyak dan kurang fleksibel. Seiring dengan berkembangnya teknologi, perangkat-perangkat ini kemudian disederhanakan menjadi lebih sedikit dan praktis. Sekarang ini kita hanya butuh webcam, monitor, speaker, mikrofon, yang dewasa ini terintegrasi dalam satu gadget yaitu laptop.

Seakan belum cukup canggih lagi, para ahli memasukkan layanan video call ini ke dalam handphone dengan teknologi 3G. Salah satu handphone lama yang bisa digunakan untuk video call adalah punyaknya Sony Ericsson K800i yang dilengkapi dengan kamera depan. Akan tetapi, kelemahan dari layanan ini adalah masih menggunakan pulsa dan belum didukung layanan Wifi.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan semakin banyaknya smartphone dan gadget yang menggunakan Operating Sistem (OS) canggih seperti, Android, BB, iPhone dan yang terbaru adalah Windows Phone maka munculah berbagai aplikasi yang mendukung layanan Video Call. Jika di PC kita sering menggunakan Yahoo Messenger atau Skype, maka di handphone pun kita bisa melakukannya dengan menggunakan aplikasi yang telah disediakan platform masing-masing. Facetime adalah aplikasi layanan video call yang dimiliki iPhone. Sedangkan Aplikasi video call yang populer di Android adalah Tango.

Tidak bisa dipungkiri lagi jika layanan ini sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Terutama jika kita berada jauh dengan keluarga, saudara, teman, atau pacar. Kita dapat memanfaatkan layanan ini untuk mengobati rasa rindu yang mendalam. Selain itu, kita juga bisa mengenal lebih jauh dan melihat wajah dari teman baru didunia maya. Semoga artikel ini menambah wawasan kalian.. :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...