Beberapa Penyebab Timbulnya Jerawat


Hampir semua orang pasti pernah mempunyai jerawat di wajah, biasanya ketika masa puber. Jerawat dapat mengganggu rasa percaya diri seseorang. Bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan dana besar untuk menyembuhkannya, karena dambaan ingin mempunyai wajah bersih dan berseri. Penyebab timbulnya jerawat, memang postingan ini sudah banyak di google. Yang akan saya bahas disini adalah penyebab jerawat menurut pengalaman pribadi saya, karena saya pernah mengalaminya selama dua tahun lebih. Butuh kesabaran  dan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkannya, tetapi juga tergantung keinginan kita untuk sembuh juga. Penyebabnya sangat banyak dan bermacam-macam, akan tetapi menurut pengalaman pribadi saya, ada beberapa penyebab jerawat timbul di wajah kita, sebagai berikut :
  • Faktor Lingkungan dan Kebersihan
Selain faktor dari dalam tubuh, jerawat juga bisa tubuh karena faktor luar atau lingkungan. Ketika kita dijalan, pasti wajah kita tak terhindar lagi dari debu dan polusi. Ditambah lagi dengan keringat yang keluar ketika wajah kita terkena debu, semakin menambah cepat pertumbuhan jerawat diwajah. Kemudian kita mencuci muka dengan air tanpa sabun atau pembersih wajah, seakan wajah kita terasa berminyak dan tidak kesat, akan membuat timbulnya jerawat. Sabun atau pembersih wajah yang kita gunakan tidak boleh sembarangan, karena jerawat sangat sensitif.
  •  Facial Foam atau Pembersih Wajah
Jadi maksud saya disini adalah pembersih wajah yang tidak sesuai dengan kulit wajah Anda. Sudah banyak merk Facial Foam yang saya gunakan, dan kesimpulannya justru facial foam yang indikasinya untuk jerawat, misal untuk menghilangkan jerawat, bekas jerawat, menghilangkan pemicu timbulnya jerawat pokoknya yang ada jerawat-jerwatnya malah akan menimbulkan jerawat. Saya pribadi tidak tahu alasan persisnya, tapi ini bisa kalian buktikan jika tidak percaya, tapi resiko ditanggung sendiri ya. Saya sarankan Anda menggunakan Facial Foam yang tidak ada embel-embel jerawatnya, misal untuk memutihkan atau mencerahkan kulit wajah. Logikanya Jerawatan tapi bersih putih kan masih mending, hehe daripada udah jerawatan , gelap pula.. hiiihii...
  • Faktor Penderita Sendiri
Selain rasa ketidak sabaran untuk sembuh, jerawat juga bisa tambah banyak disebabkan penderitanya sendiri. Jadi, maksut saya adalah faktor tangan penderitanya sendiri. Menurut pengalaman saya, saya tidak pernah melihat seseorang yang mempunyai jerawat membiarkan jerawatnya sembuh sendiri. Banyak yang membeli obat-obat, pembersih wajah yang tidak cocok, dan yang paling penting adalah memegang dan merontokkan jerawatnya. Bahkan sampai menusuknya dengan benda yang runcing semajam duri. Kebiasaan ini biasanya yang sering dilakukan dan sulit dihilangkan, padahal akan menambah parah kondisi. Jerawat akan bertambah, berpindah dan menyebar diseluruh wajah. Selain itu, kebersihan hati dan pikiran harus dijaga. Bersyukurlah jika kita tidak jerawatan, bukan berbangga dan meledek temen yang punya jerawat karena sepertinya situasi bisa saja berbalik kepada kita. Pikiran kita juga harus kita jaga agar tidak stres terhadap suatu masalah.
  • Makanan 
Faktor ini kalau menurut pengalam saya tidak terlalu berpengaruh, mungkin hanya beberapa persen saja.  Memang ada beberapa makanan yang dipercaya menimbulkan jerawat seperti kacang-kacangan, coklat, dll. Kebanyakan yang dihindari oleh penderita jerawat adalah kacang. Mungkin karena bentuk jerawat yang sudah matang seperti kacang. 

Itulah beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat menurut pengalaman pribadi saya. Selain faktor di atas masih ada juga faktor lain yang harus kalian cermati seperti faktor genetik turunan, menstruasi, iritasi kulit, darah kotor, masa menstruasi. Banyak cara dan tips serta ramuan-ramuan untuk menyembuhkannya. Saran saya coba sedikit hindari penyebab-penyebab yang telah saya sebutkan diatas. Selain itu, intinya adalah butuh kesabaran untuk menyembuhkannya. Memang artikel ini saya buat tidak berdasarkan sumber yang relevan. Tujuaanya hanya ingin berbagi saja, jika Anda ingin membuktikannya silahkan, tapi resiko ditanggung penumpang...:)  Semoga artikel ini bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...